Tips Puasa

Jaga pasokan cairan tubuh agar tidak terjadi dehidrasi. Caranya, minum air putih sesering mungkin setelah berbuka hingga menjelang sahur. Ingat! Tubuh membutuhkan paling tidak 2 liter air atau setara 8 gelas sehari.  

Atur menu makan sahur dan buka puasa yang memenuhi syarat gizi. Umumnya kebutuhan wanita dewasa adalah 1900 kalori per hari, Sementara untuk pria dewasa 2100 kalori per hari. 

Makanan yang memenuhi standar gizi mengandung 50% karbohidrat, 25% lemak, 15% protein, plus vitamin dan mineral secukupnya.  

Dianjurkan mengakhirkan waktu makan sahur, Pilih waktu makan sahur kira-kira setengan jam sebelum imsak, sehingga tersedia cadangan energi sampai waktu berbuka.  

Minum air putih dicampur jeruk, yang berkhasiat memperkuat jaringan hati dan mengencerkan lendir (mukosa) saluran pencernaan.  

Olahraga tetap bisa dilakukan selama puasa. Pilihlah waktu menjelang berbuka (1-2 jam sebelum berbuka).  

Tetap lakukan aktifitas fisik. Aktifitas fisik akan merangsang keluarnya hormon antiinsulin yang berfungsi untuk melepas gula darah dari pabriknya. Sebaliknya, kalau kurang gerak, tubuh terasa lemas akibat kadar gula dibiarkan menurun drastis. Ini bisa membuat tubuh limbung dan adakalanya jatuh pingsan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: