Malam yang Berbahaya

Dari Jabir bin Abdullah, ia berkata, “Rasululloh shallallahu alaihi wasalam bersabda: Matikanlah lampu-lampu itu pada malam hari ketika kalian tidur, tutuplah pintu-pintu, ikatlah mulut-mulut geriba, tutuplah makanan dan minuman.” Dalam riwayat yang lain ditambahkan, “Peluklah bayi-bayi kalian pada waktu sore karena jin pada waktu itu berkeliaran dan menyambar.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadits ini Rasululloh shallallahu alaihi wasalam memerintahkan kita melakukan lima hal sebelum menutup hari dengan tidur. Ini adalah sebuah langkah antisipasi, dalam mewujudkan terjadinya kemaslahatan-kemaslahatan. Agar tidak ada musibah yang dapat menganggu kita, saat sedang tidur atau usai tidur.

Pertama, padamkan lampu. Barangkali saja ada di antara kita yang senang tidur dengan suasana terang benderang. Bagi mereka, tidur dengan cara gelap, akan membuat suasana terasa tidak nyaman, dan sumpek. Tarikan napas tidak senormal biasanya. Namun alangkah baiknya bila tidak semua ruangan dalam kondisi “on”. Benderang ruangan akan membuat orang yang berniat jahat tambah tertarik setelah menyaksikan harta kekayaan Antum begitu menggoda.

Kedua, tutup pintu. Sekalipun antum sudah sangat lelah dan ada anggota rumah lain atau pembantu yang biasa melakukan hal itu, periksalah ulang kunci pintu rumah antum. Barangkali sudah terkunci akan tetapi masih kurang rapat betul. Selain mengantisipasi datangnya orang-orang usil yang akan merugikan antum seperti tersebut di atas, juga menjaga kemungkinan masuknya binatang seperti ular.

Ketiga dan keempat, menutup teko, mengikat geriba, atau menutup semua mangkuk yang berisi makanan dan minuman. Pada saat kita sedang tidur nyenyak, itu adalah kesempatan yang baik bagi para tikus, cecak, atau serangga lain untuk dengan bebas melakukan apa saja di dapur rumah. Karenanya, menjaga dari kemungkinan dihinggapi, dijilati, atau kejatuhan kotorannya adalah tindakan baik dalam berjaga-jaga. Mungkin antum punya kulkas atau alat pengaman lain, tetapi makanan atau minuman belum dimasukkan ke sana.

Kelima, Lindungilah segenap keluarga antum dari bahayanya malam. Utamanya terhadap anak-anak kecil, tidaklah perlu diberi kebebasan sesuka hati pada mereka untuk menikmati malam hari dengan bebas berkeliaran ke sana kemari. Malam menyimpan banyak bahaya, sementara mereka masih belum mampu melihat adanya bahaya-bahaya itu, belum mampu menjaga diri. Bahaya nyata ada didepan mata, katakanlah mereka dapat saja terantuk batu, terpelosok lubang, digigit kalajengking atau digigit ular atau binatang yang lainnya.

Dalam sebuah hadits dijelaskan, baik jin maupun syetan itu berkeliaran pada malam hari. Jin maupun syetan bisa saja masuk melalui layar kaca (televisi) yang ada di rumah. Anak kita menjadi begitu sulit dan nakal karena pengaruh tayangan TV yang biasanya makin menarik di malam hari.

Semoga kita bisa menjalankan lima pesan Rasululloh shallallahu alaihi wasalam ini. InsyaAllah. Wallahu A’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: